Minggu, 07 Juli 2013

Hati - hati terhadap penipuan

Hati - hati terhadap penipuan - Penipuan merupakan suatu cara untuk membohongi seseorang yang sering kali dengan mengiming - ngimingi korban dengan sesuatu hadiah yang menarik. Oleh karena itu marilah kita berhati - hati dalam berkenalan atau bertransaksi apapun dengan orang yang belum kita kenal karena penipuan sekarang sangatlah banyk modusnya.


Beberapa modus penipuan yang pernah saya jumpai :
  1. Anda ditelpon seseorang, dan mengaku seseorang dari keluarga anda mengalami musibah seperti kecelakaan, ditahan polisi dan anda diminta mengirim sejumlah uang agar bisa segera ditangangi musibahnya. Hal ini kadang - kadang membuat seseorang yang ditelp tersebut kaget serta jalan pikirannya menjadi kacau kemudian mengikuti kata si penelpon dan sudah dipakstikan pelaku senang hanya dalam telpon beberapa menit sudah dapat menipu orang jutaan rupiah.  Hal yang harus anda lakukkan adalah memastikan keluarga yang dibilang keberadaannya dimana dengan menghubunginya. Dalam beberapa kasus ada penipu yang sudah merencanakan hal ini, dengan menghubungi keluarga anda dan diminta untuk mematikan handphone karena ada masalah(alasannya bermacam - macam) oleh karena jika diperlukan, anda sebaiknya menyimpan atau memiliki nomor handphone teman dekat anak anda, atau saudara.
  2. Anda datang ke swalayan, ada ruko yang mengajak ikut game yang hadiahnya diskon harga besar - besaran. Hati - Hatilah ! Jika anda teliti, harga yang ditawarkan bukanlah setengah harga melainkan harga asli yang sudah dipermainkan oleh si pelaku. Hal pertama yang anda lakukan adalah sebaiknya menghindari ajakan bermain dan jika sudah terlajur segeralah mengakiri permainan secepat mungkin. sebaiknya anda bepergian dengan teman, karena jika sendiri maka anda adalah sasaran empuk.
  3. Anda medapat kupon hadiah di suatu makanan/produk?? Jangan langsung percaya, sebaiknya ada mengecheck dengan menelpon costumer care produk tersebut untuk menanyakan perihal kupon hadiah tersebut. Perhatikan jangan menelpon nomor yang di kupon tetapi nomor custumer care di balik kemasan produk anda, jika bisa bandingkan kemasan terlebih dahulu untuk melihat nomornya tidak berbeda karena ada suatu kasus penipu sudah mengaturnya dari awal.
  4. Nak beliin mama pulsa donk, mama lg dipenjara ! Penipuan ini sempat booming dan kadang - kadang dipakai bahan lelucon oleh teman/ kerabat anda. Tapi yang belum tahu berhati - hatilah, hal pertama pastikan mama anda keberadaannya dimana, kalau bisa telpon nomor hape mama anda. kalau mama. 
  5. Ada beberapa kasus kejahatan dunia maya (cyber crime) dan salah satunya penipuan didunia maya, membeli barang di internet memang simpel dan praktis tetapi berhati - hatilah dalam bertransaksi karena anda mungkin ditipu, anda kirim uang barang tak kunjung datang. untuk menanggulanginya, berbelanja onlinelah di situs yang memang terpercaya.
Nah sekian modus penipuan yang saya ketahui, dan tetaplah berhati - hati ! Waspadalah - waspadalah !!

Artikel Terkait

Hati - hati terhadap penipuan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email