Jumat, 02 Agustus 2013

Apa sih reklamasi itu??


Apa sih reklamasi itu?? Belakangan ini kita sering mendengar berita dari pulau dewata tentang reklamasi tanjung benoa. Nah yang masi bingung apa sih pengertian reklamasi  itu?? 

Menurut wikipedia - Reklamasi daratan, biasanya disebut reklamasi, adalah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau dasar sungai. Tanah yang direklamasi disebut tanah reklamasi atau landfill.

Menurut Pendahuluan karya tulis dari IPB - Reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan manfaat sumberdaya lahan yang ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase ( UU 27,2007 ).


Nah tujuan diadakan reklamsi ialah umumnya seperti berikut :


Tujuan reklamasi umumnya adalah untuk menjadikan kawasan berair yang rusak atau belum termanfaatkan  menjadi suatu kawasan baru yang lebih baik dan bermanfaat untuk berbagai keperluan ekonomi maupun untuk tujuan strategis lain. Kawasan daratan baru tersebut dapat dimanfaatkan untuk kawasan permukiman, perindustrian, bisnis dan pertokoan, pelabuhan udara, perkotaan, pertanian, jalur transportasi alternatif, reservoir air tawar di pinggir pantai, kawasan pengelolaan limbah dan lingkungan terpadu, dan sebagai tanggul perlindungan daratan lama dari ancaman abrasi  serta untuk menjadi suatu kawasan wisata terpadu.

Nah sekian info tentang reklamsi semoga bermanfaat :D

Artikel Terkait

Apa sih reklamasi itu??
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email