Selasa, 28 Januari 2014

Cara membuat Aplikasi atau Program Paint di Android

Cara membuat Aplikasi/Program Paint di Android - Setelah lama dishare tutorial diblog, kali ini saya mau sharing hal baru yaitu tentang  "Android Programming" dimana saya akan sharing cara membuat program/aplikasi paint di android kalian.

Eeeits...ini bukan sekadar sharing ilmu aja, tapi ini juga merupakan sebuah tugas di matakuliah "Mobile Programming" yang saya ikuti di sebuah kampus yang bernama STIKI Indonesia di daerah Denpasar dengan dosen pengajarnya yang namanya Bapak Dodi Sanjaya.... Suksma ilmunya Pak :D

Sebelum mulai silahkan didownload file dulu yaa :3


atau download yang udah satu tapi saya pakai max O.S android versi 17


Pertama kita akan mengubah tampilan activity_main.xml seperti berikut terlebih dahulu : ( Codenya silahkan di download yaa :D )


Untuk langkah selanjutnya kita membuat tampilan pemilihan ukuran kuas yang disini saya namakan dengan file brush_chooser.xml ( Codenya silahkan di download yaa :D )


Setelah membuat tampilan utama dan pemilihan kuas , untuk langkah selanjutnya kita membuat tampilan pemilihan warna background yang disini saya namakan dengan file background_colors.xml ( Codenya silahkan di download yaa :D )


Setelah semua diatas dirubah, saatnya kali ini kita menaruh gambar icon yang sudah saya siapkan :3 , tinggal didownload dan dipaste di tempat anda menyimpan file --> nama file --> res dan paste folder drawable yang sudah kalian download.




Selanjutnya kembali ke eclipse kalian , dan kemudian cari file dimens.xml dan strings.xml di res --> values dan ubahlah menjadi seperti berikut :

File dimens.xml


16dp
16dp


10dp

10

20dp

20

30dp

30


File strings.xml


Melukis
Settings
Hello world!
New
Background
Brush
Erase
Save
Paint
Small
Medium
Large


Nah tinggal kita menambahkan script di MainActivity.java dan membuat class baru yaitu DrawingView.java ( Codenya silahkan di download yaa :D )

Nah setelah semua tahap telah dilalui dan mengecheck semua kesalahannya, lalu dicoba RUN aja.
Semoga sukses yaa :3 , dan selamat mencorat coret :3

NB : untuk Fitur save pada aplikasi diatas tidak bisa digunakan dan untuk itu silahkan dicoba dihp android untuk mencoba fitur save pada aplikasi paint di android 


Sumber : File jadinya saya dapatkan dari teman saya (awalnya tanpa isi pilih backgroud dan pilihan warna sedikit ) kemudian saya kembangkan yang agar bisa memilih warna background dan pilihan warna lebih beragam

Artikel Terkait

Cara membuat Aplikasi atau Program Paint di Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email