Rabu, 22 Mei 2013

Apa itu tornado??




Oklahoma- Amerika serikat beberapa waktu lalu di hatam oleh tornado yang sangat dasyat dan mengerikan, apakah anda tahu apa penyebab tornado dan jenis - jenis tornado?? silahkan baca artikel dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Apa itu Tornado??
Kata “ Tornado ” berasal dari bahasa latin tonare, yang berarti “petir ”. Orang spanyol menyebutnya tornear. Menurut Kamus Meteorologi (AMS 2000), tornado adalah “ suatu kolom udara yang berputar dengan kencang, timbul dari awan cumuliform atau dari bagian bawah awan cumuliform, dan sering ( tidak selalu ) tampak seperti funnel cloud.” Dengan kata lain, sebuah vorteks yang diklasifikasikan sebagai tornado, harus terhubung dengan permukaan tanah dan dasar awan.
Angin didalam putaran tornado menerbangkan dan mengisap dengan kecepatan dan kekuatan yang dimiliki tornado. Tornado mengisap dan menghancurkan apapun yang ada didepannya. Angin didalam pusarannya mencapai kecepatan hingga 500 mil per jam, tetapi jika dalam keadaan bergerak biasanya sekitar 300 mil per jam. Ini membuat tornado merupakan badai yang paling mengerikan dan berbahaya yang dikenal manusia.
Rata – rata tornado memiliki diameter sekitar 200 sampai 300 meter dan dapat tumbuh lebih besar lagi kemudian bisa menelurkan tornado – tornado kecil lainnya. Tornado kecil ini dapat muncul sekitar 50 meter dari induknya yang juga dapat menyebabkan kerusakan dan cenderung mengambil jalur berbeda dari induknya.
Tornado terbentuk sangat cepat mulai dan dapat terbentuk dalam jangka waktu 1 menit atau kurang. Jarak yang dapat ditempuh tornado biasanya kurang dari 15  mil tetapi berbeda dengan superstorms yang dapat menempuh hingga 100 mil. Tornado dapat bergerak melintasi tanah dengan kecepatan tinggi, kemudian dapat lenyap seketika. Tornado dapat membunuh dalam hitungan detik dan setiap tahun, Amerika serikat dapat rugi sekitar $500 juta yang disebabkan tornado. 

Tahukan anda jenis - jenis tornado??

Tornado terbentuk dalam berbagai ukuran, bentuk dan lokasi. Tornado umumnya berbentuk seperti tali, kerucut. Berikut jenis – jenis tornado :
  1. Supercell Tornado
  2. Beberapa tornado paling kejam berkembang dari badai supercell, badai supercell memiliki umur panjang dan memiliki kecenderungan paling besar untuk menghasilkan tornado. Badai supercell mengantung rendah, putaran pada lapisan awan yang dikenal sebagai “Dinding Awan”. Salah satu sisi dinding awan sering bebas dari hujan, sementara disisi lainnya cenderung terjadi hujan lebat. Tornado yang terbentuk dari badai supercell tetap menyentuh tanah untuk jangka waktu yang lama hingga 1 jam atau lebuh dari tornado lainnya dan memiliki kecepatan lebih dari 200 mph.
  3. Gustnado
  4. Kekuatannya dikategorikan lemah dan berlangsung sebentar, gusnado terbentuk sepanjang gust front suatu badai.
  5. Puting beliung
  6. Putting beliung adalah tornado yang mengandung air, bentuknya menyerupai supercell tapi bentuknya lebih kecil dan lebih lemah karena itu menyebabkan kerusakn lebih sedikit ketimbang badai supercell, lebarnya juga tidak lebih dari 50 meter. Terbentuk disekitar daerah perairan laut tropis yang hangat dan corongnya membawa tetesan air twar yang terkondensasi dari uap air. Putting beliung hilang setelah mecapai tanah.
  7. Dust Devils
  8. Umumnya terbentuk dibawah terik matahari. Angin puyuh ini kebanyakan tidak berbahaya yang dipicu oleh angin gurun yang mencipatakan segumpal debu berputar – putar dengan kecepatan yang jarang mencapai lebih dari 70 mph. ini berbeda dengan tornado, dust devils tidak terkait dengan awan dan badai dan kekuatannya lebih lemah dari tornado. Siklus hidup dust devil hanya beberapa menit atau dapat mungkin lebih lama. Kekuatan dust devil cukup untuk meniup mobil off road dan merusak mata anda dengan debunya.
  9. Firewhirls
  10. Kadang – kadang firewhirls terjadi dipicu oleh panas yang hebat yang diakibatkan oleh kebakaran hutan atau letusan gunung berapi. Tornado seperi ini kumpulan asap yang berputar. Kecepatannya mencapai lebih dari 100 mph. mereka kadang” disebut tornado api, fire devils
    sumber dikutip dari :
    http://library.thinkquest.org
     http://zonapencarian.blogspot.com 
    http://www.theweatherchannelkids.com 

Artikel Terkait

Apa itu tornado??
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email