Selasa, 21 Mei 2013

Penyebab komputer/laptop mati atau restart sendiri

Salah satu penyebab komputer/laptop mati atau restart sendiri adalah Overheat atau dengan kata lain penerimaan panas di komputer/laptop sudah maksimal sehingga komputer/laptop mengkondisikan shutdown/restart sendiri untuk menurunkan panas pada komputer/laptop tersebut. untuk itu mari kita mengenal apa itu overheat.




Apa Itu Overheat ??

Overheat adalah kondisi dimana komputer/laptop dalam keadaan panas dengan suhu berlebihan yang meyebabkan kinerja komputer/laptop menurun,hang, atau shutdown/restart dengan sendirinya.  Hal ini dapat menyebabkan kerusakan hardware computer/laptop itu sendiri seperti processor, mainbooard, dan lainnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan computer overheat yang akan saya jelaskan berikut ini :
  1. Aliran listrik yang terlalu besar yang diakibatkan oleh kebocoran. Hal ini dapat merusak Motherboard dan komponen hardwarae lainnya. Solusinya ialah memasang stavol(stabilizer) atau UPS yang dapat menyebabkan aliaran listrik kekomputer tetap stabil.
  2. Kondisi Heatsink( Kipas pendingin ) yang kotor. Heatsink mempunyai fungsi atau peran yang sangat besar untuk menjaga suhu pada processor tetap stabil dan anda pasti tahu bagaimana jika heatsink kotor atau rusak, hal ini dapat menyebabkan computer/laptop cepat panas ( overheat ). Untuk itu heatsink dibersihkan dan tambahkan pasta pada headsink sekitar 5 – 7 bulan sekali.
  3. Aktifitas computer/laptop yang terlalu berat dapat menyebabkan computer/laptop cepat panas seperti pemakaian computer/laptop yang terlalu lama,menjalankan program dengan mengambil kapasitas ram besar dan bermain game . Solusi untuk memperlambat proses naiknya panas di computer/laptop anda dapat menggunakan kipas tambahan pada computer atau memakai coolfan pada laptop sehingga peningkatan suhu bisa diperlambat.
  4. Periksa kemampuan dari processor untuk menahan panas. Untuk tipe processor AMD dapat menahan suhu maksimal hingga 85 derajat celcius atau 358.15 derajat Kelvin dan untuk tipe processor INTEL dapat menahan suhu maksimal  hingga 78 derajat celcius atau 348.15 Kelvin.
  5. Settingan pada Overclock BIOS juga dapat menyebabkan computer cepat panas dan untuk itu dapat mengubah settingan BIOS keposisi normal.
Sekian dari sedikit solusi dari Penyebab Komputer/Laptop Restart /Shutdown sendiri, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait

Penyebab komputer/laptop mati atau restart sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email